Analisis Kinerja Karyawan Dengan Menggunakan Performance Analysis Quadrant (Paq) Pada Perusahaan Daerah Air Minum (Pdam) Kabupaten Sikka

Imanuel Wellem, Yustina Olivia Da Silva, Yoseph Cafaso Doncellino

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kinerja karyawan dan untuk mengetahui langkah-langkah yang harus dilakukan untuk memperbaiki kinerja karyawan PDAM Kabupaten Sikka sesuai dengan posisi masing-masing indikator kompetensi. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan PDAM Kabupaten Sikka berjumlah 92 orang. Karena populasinya terbatas maka penelitian ini dilakukan secara sensus atau sampling jenuh. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan Performance Analysis Quadran (PAQ). Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa variabel kinerja karyawan dikategorikan baik (76.68%), dengan demikian masalah kinerja karyawan yang dinyatakan dalam presentase kesenjangan (Gap) adalah sebesar (23.32%). Berdasarkan Performance Analysis Quadran (PAQ) diperoleh hasil sebagai berikut: (1) Kuadran A (karyawan atau level pimpinan memiliki pengetahuan kerja yang memadai namun tidak punya sikap kerja yang tepat). Hasil analisisnya: untuk karyawan terdapat dua atribut kompetensi sedangkan untuk level pimpinan terdapat tiga atribut kompetensi. (2) Kuadran B (karyawan atau level pimpinan memiliki pengetahuan kerja dan sikap kerja yang positif). Hasil analisisnya: untuk karyawan terdapat tiga atribut kompetensi sedangkan untuk level pimpinan terdapat dua atribut kompetensi. (3) Kuadran C (karyawan atau level pimpinan tidak memiliki pengetahuan kerja dan sikap kerja yang positif). Hasil analisisnya: untuk karyawan terdapat dua atribut kompetensi sedangkan untuk level pimpinan terdapat tiga atribut kompetensi. (4) Kuadran D (karyawan atau level pimpinan ingin berprestasi tapi tidak memiliki pengetahuan kerja atau keterampilan yang memadai). Hasil analisinya: untuk karyawan terdapat tiga atribut kompetensi sedangkan untuk level pimpinan terdapat empat atribut kompetensi. Berdasarkan hasil penelitian, PDAM Kabupaten Sikka disarankan untuk memperbaiki lingkungan kerja, seleksi karyawan, motivasi karyawan dan memberikan tambahan pelatihan sesuai dengan posisi masing-masing kuadran.

Full Text:

Download PDF

References


Abdullah, Ma’ruf. 2014. Manajemen dan Evaluasi Kinerja Karyawan. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Hasibuan, Melayu S.P. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Isvandiari, Any dan Susilo, Amin. 2014. Pengaruh Kepribadian Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dinas Luar Asuransi Jiwa Bersama Bumi Putera 1912 Cabang Dieng Malang. Jurnal JIBEKA, Vol. 8, No. 2, Hal: 1 – 6.

Kementerian PURRR BPPSPAM. 2018. Buku Kinerja PDAM Wilayah IV. Jakarta.

Mangkunegara, Anwar Prabu. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Marwansyah. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta.

Mulyadi. 2001. Balanced Scorecard: Alat Manajemen Kontemporer Untuk Pelipatgandakan Kinerja Laporan Keuangan Perusahaan, Cetakan Kesatu. Jakarta: Salemba Empat.

Mulyasa, E. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Narimawati, Umi . 2007. Riset Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Agung Media.

Oktaviani, Riandina Wahyu dan Rita Nurmalina Suryana. 2006. Analisis Kepuasan Pengunjung dan Pengembangan Fasilitas Wisata Agro, Studi Kasus di Kebun Wisata Pasirmukti, Bogor. Jurnal Agro Ekonomi, Vol. 24, No.1, Hal: 41-58.

Rahadi, Dedi Rianto. 2010. Manajemen Kinerja Sumber Daya Manusia. Malang: Tunggal Mandiri Publishing.

Samsudin, Sadili. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Pustaka Setia.

Simamora, Henry. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Ketiga. Yogyakarta, STIE YPKN.

Simanjuntak, Payaman J. 2011 Manajemen & Evaluasi Kinerja. Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Singarimbun, Masri dan Sofian, Effendi. 2004. Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES.

Soetjipto, Budi W. 2008. Budaya Organisasi dan Perubahan. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Umar, Husein. 2000. Desain Penelitian MSDM dan Perilaku Karyawan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Uno, Hamzah. B dan Nina Lamatenggo. 2012. Teori Kinerja dan Pengukurannya. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Wibowo. 2014. Manajemen Kinerja. Jakarta: Raja Grafindo Persada.