Analisis Budaya Organisasi Dengan Menggunakan Metode Organizational Culture Assessment Instrument (OCAI) Pada Koperasi Obor Mas Maumere

Maria Silvana M. Carcia, V. Eko Transilvanus, Claudiana Jaynet T. Parera

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran profil budaya organisasi pada KSP Obor Mas Maumere saat ini dan masa mendatang. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang dirancang untuk memecahkan masalah penelitian yang diajukan. Sampel dalam penelitian ini adalah pegawai tetap KSP Obor Mas Maumere sebanyak 114 pegawai. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan metode Organizational Culture Assessment Instrument (OCAI). Hasil penelitian menunjukan bahwa budaya organisasi saat ini yang dirasakan di KSP Obor Mas Maumere adalah Hierarchy Culture dan budaya yang diinginkan atau diharapkan kedepannya adalah Clan Culture. Temuan ini mengindikasikan bahwa saat ini karyawan merasakan organisasi sebagai tempat yang terstruktur dan terkontrol, ada prosedur formal untuk setiap kegiatan yang dilakukan di instansi dan pemimpin bersifat sebagai koordinator yang mengontrol dan mengatur secara efisiensi segala sesuatu yang terjadi di organisasi. Namun kedepannya budaya yang diharapkan terjadi di organisasi adalah organisasi menjadi tempat yang menyenangkan seperti dalam satu keluarga besar. Kepemimpinan bersifat sebagai mentor yang memberikan fasilitas dan bimbingan. Untuk dapat mengintegrasikan Clan Culture sesuai dengan harapan dari karyawan, maka manajemen KSP Obor Mas Maumere perlu mempersiapkan hal-hal sebagai berikut: 1) Pemberdayaan karyawan; 2) Pengembangan tim; 3) Keterlibatan pekerjaan; 4) Pengembangan SDM; 5) Keterbukaan Organisasi

Full Text:

Download PDF

References


Anoraga, Panji. 2005. Psikologi Kerja. Jakarta: Rineka Cipta.

Ardana, Komang. Mujiati, Ni Wayan. Sriathi, Anak Agung Ayu. 2009. Perilaku Keorganisasian, Edisi 2. Jakarta: Graha Ilmu.

Endri. 2010. Peran Human Capital Dalam Meningkatkan Kinerja Perusahaan: Suatu Tinjauan Teoritis Dan Empiris. Jurnal Administrasi Bisnis (2010), Vol.6, No.2, Hal. 179-190.

Fahmi, Irham. 2013. Manajemen Kinerja: Teori dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.

Ferdinand, Augusty. 2014. Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk Skripsi, Tesis dan Disertasi Ilmu Manajemen. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Ivancevich, John M. Robert Konopaske, Michael T. Matteson. 2006. Perilaku dan Manajemen Organisasi, Edisi Ketujuh, Jilid 1. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kusdi. 2011. Budaya Organisasi Teori, Penelitian, dan Praktik. Jakarta: Salemba Empat.

Mahsun, Mohamad. 2006. Pengukuran Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta: BPFE.

Rangkuti, Freddy. 2015. Teknik Membedah Kasus Bisnis “Analisis SWOT”. Jakarta: PT. Gramedia.

Singarimbun, Masri dan Effendi, Sofian. 2007. Metode Penelitian Survei. Jakarta: Pustaka LP3ES Indonesia.

Umar, Husen. 2008. Metode Riset Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.